Pengertian Dan Komponen Yang Di Terapkan, Di Teknologi - Kuasai Teknologi

Pengertian Dan Komponen Yang Di Terapkan, Di Teknologi

  1. Kuasai Teknologi
  2. Teknologi
1.  ISTILAH TEKNOLOGI
berasal dari kata yunani (Greek) yaitu :
techne berarti seni kerajinan.
logika berarti kata yang berhubungan dengan study
kata techne semula merupakan seni yang bersangkut pau dengan tukang kayu > pekerjaan tukang
techne > technikos yang berarti seseorang yang memiliki suatu keterampilan tertentu
dengan berkembangketerampilan seseorang yag menjadi semakin tetap karea menunjukan pola,           langkah dan metode yang pasti ketrampilan ini lalu menjadi teknik.




2. TEKNOLOGI SEBAGAI PRODUK/HASIL BUATAN

Pada zaman kuno, yang tidak di ketahui masanya, perahu tidak disebut teknologi. karena pengertian teknologi merupakan hasil zaman moderen. kata teknologi barulah muncul sekitar tahun 1777 awal zaman moderen.
secara historis, bisa di renungkan alasan manusia membuat produk (barang) seperti: pisau, kapak,palu,perahu dll.
jawaban yang paling wajar ialah karena manusia merupakan makhluk dengan fisik yang lemah.
manusia tidak bisa: lari secepat kuda, terbang seperti burung, berenang lama seperti ikan, memindahkan barang berat seperti gajah, mampu berubu binatang seperti harimau. berayun-ayun bagaikan monyet.
manusia berusaha membuat alat-alat untuk mengatasi keterbatasan kapak untuk membantu tangan membelah kayu, tombak atau panah untuk beruru dan mempertahankan diri melawan binatang, pengungkit untuk memindahkan barang dll.
teknologi sebagai produk buatan oleh Ledislav Tondl di bedakan menjadi tiga, yang sekaligus menunjukan perkembangan histories yang berjalan, yaitu:
> ALAT
> MESIN
> AUTOMATON
  • ALAT 
          Alat bergerak berdasarkan tenaga otot manusia, manusialah yang mengendalikan alat, dengan demikian manusia jugalag yang menjadi sumber informasi
contohnya: kapak,palu,pengukit,gunting,pisau dll.

  • MESIN
suatu sistem peralatan yang tidak menggunakan tenaga manusia, melaikan sumber-sumber tenaga di luar manusia, seperti tenaga angin, hewan atau arus air.
mesin yang lebih maju menggunakan tenaga yang merupakan perubahan bentuk dari sesuatu sumber daya alam (SDA), misalnya tenaga uap, tenaga listrik, tenaga mekanik dari maotor atau tenaga baterai.
mesin masih memerlukan manusia untuk mengendalikannya
jadi manusia masih bisa tetap merupakan sumber informasi walaupun tidak lagi menjadi sumber tenaga
  • AUTOMATON
automaton berarti perlengkapan otomatis yang dapat berjalan dan maengatur sendiri. outomaton ialah perlengkapan teknologi yang paling tinggi ragamnya dan paling canggih.
perlengkapan ini berdasarkan asas sibernetika yang mampu menggantikan fungsi pengadilan masnusiawi, mampu membuat keputusan dan mengatur sendiri.
contohnya lemari es yang menggunakan fuzzy logic, jika lemari es ini sering dibuka menyebabkan udara dinginnya kurang dari acuan tertentu, maka secara otomatis mesin pendinginnya akan bekerja untuk mencapai batas acuan kedinginannya.
automaton bekerja dengan proses otomatis yang menjadikan manusia sebagai sumber informasi untuk yeng mengendalikannya

3. TEKNOLOGI SEBAGAI PROSES
produk buatan hanyalah suatu hasil akhir dari suatu proses atau rangkaian kegiatan yang telah berlangsung sebelumnya. dengan demikian pengertian teknlogi harus menjelaskan kegiatan apa atau bagaimana (proses) yang terjadi sehingga menghasilkan produk buatan tersebut. sebagai contoh jika produk yang di buat adalah kursi, maka kegiatan yang di lakukan berupa meratakan,memotong,merakit,menghapus dan mengecat kayu. aktivitas manusia dalam peroses inilah yang di sebut seagai teknologi. aktivitas manusia yang termasuk pengertian teknologi ini pada pokoknya di bedakan menjadi dua, yaitu:
a. aktivitas merancang/membuat, 
b. menggunakan
 ciri lain pengertian teknologi sebagai proses/aktivitas manusia ialah aktivitas yang efisien dan bertujuan.
efisien adalah suatu konsep yang menunjukan perbandingan terbalik antara kerja (input) dan hasilnya (output).
kegiatan yang bertujuan mengadung arti untuk memenuhi kebutuhan kebendaan 
pembahasan mendalam terhadap pengertian kegiatan yang demikian mengasilkan gambaran tentang adanya cara, langkah, metode,prosedur. ini semua sering diberi istilah "teknik".
teknik merupakan perpaduan cara dan langkah tepat yang terpolaka secara baik untuk melakukan suatu kegiatan.

4.TEKNOLOGI SEBAGAI PENGETAHUAN 
teknologi sebagai produk buatan, proses, diperoleh melalui pengetahuan. pengetahuan ini harus dipelajari oleh masnuisa baik dari pengalaman sendiri maupun dari sumber lain untuk dapat melakukan kegiatan yang merupakan teknologi sebuah pembagian tentang ragam pengetahuan yang merupakan teknologi dibuat oleh mario bunge, yaitu:
a. keterampilan gerak indrawi yang tak disadari
b. aturan-aturan yang berdasarkan pengalaman praktek
c. pernyataan-pernyataan aturan pragmatis
d. teori-teori teknologis

5.TEKNOLOGI SEBAGAI SISTEM
pembahasan lengkap (buat dan utuh) akan tercapai kalau teknologi ditinjau sebagai sistem. ini berarti teknologi hendaknya dibahas sebagai kebulatan unsur-unsur saling terkait dan bertalian timbal-balik dengan lingkungan sekelilingnya. seorang ahli amerika Robert Merrill menyatakan teknologi merupakan suatu himpunan fleksibel keterampilan, engetahuan, dan metode untuk mencapai hasil yang diinginkan dan menghindari kegagalan dalam keadaan yang berubah-ubah.secara umum dapat dikatakan bahwa teknologi merupakan suatu sistem penggunaan berbagai sarana yang tersedia untuk mencapai tujuan praktis yang telah ditentukan.
namun teknologi tidaklah bersangkut paut dengan sekedar menentukan suatu cara begitu saja, melainkan suatu cara membuat dan menggunakan sesuatu secara rasional, tertib langkah demi angkah, bbenar-benar mencapai saran. jadi teknologi bersangkut paut dengan teknik mencapai suatu tujuan dengan cara yang efisien.

A. KOMPONEN TEKNOLOGI
Dalam langkah bidang rekayasa, khususnya teknik industri, hal terpenting ialah pengertian teknologi dalam aktivitas transformasi dari input menjadi output. dalam lingkup ini teknologi dapat dipandang sebagai kombinasi dari 4 komponen dasar yitu:
  • Technoware
  • Humanware
  • Infoware
  • Orgaware
1.Technoware
peralatan dan pasilitas produksi, ang berhubungan dengan teknologi berwujud obyek. technoware mecakup semua fasilitas fisik yang diperlukan untuk operasi transformasi seperti instrumen, peralatan, mesin, dan pabrik
2. Humanware
keterampilan dan pengalaman produksi, berhubungan dengan teknologi berwujud manusia. humanware mancakup semua keterampilan yang diperlukan untuk operasi transformasi, seperti: keahlian, krativitas, daya tahan, dan kerajinan
3. Infoware
fakta dan informasi produksi, mengacu pada teknologi yang berwujud dalam dokumen. infoware mencakup semua fakta dan gambar yang terakumulasi dan diperlukan untuk operasi transformasi seperti disain, spesifikasi, observasi, relasi, persamaan, peta, teori.
4. Orgaware
pengaturan dan linkage produksi mengacu pada teknologi yang berwujud dalam institusi. orgaware mencakup semua pengaturanyang diperlukan untuk operasi transformasi seperti, pengelompokan, alokasi, sistematisasi, organisasi dan jaringan.

Tecnoware memperbesar daya otot dan daya pikiran manusia

Humanware meciptakan. megoprasikan dan merawat semua aktivitas transformasi

Infoware menyimpan pengetahuan terakumulasi dari individu dalam proses belajar dan bekerja

Orgaware membantu me centerrencanakan, mengorganisir, mengaktifkan, memotivasi dan mengontrol operasi transformasi


Terima Kasih sudah membaca Pengertian Dan Komponen Yang Di Terapkan, Di Teknologi . Semoga Bermanfaat!