Ini Kota Cerdasku Mana Kota Cerdasmu??- Kuasai Teknologi

Ini Kota Cerdasku Mana Kota Cerdasmu??

  1. Kuasai Teknologi
  2. Internet
  3. Jaringan
  4. Teknologi
hello guys berjumpa kembali bersama admin kuasai teknologi mohon di maklumi karena sudah lama tidak update artikel di blog dan kali ini admin akan membahas mengenai smart city/kota cerdasku versi keinginan admin.

Pasti sudah tau kan apa itu smart city/kota cerdasku?.... Nah bagi yang belum tau admin akan menguraikan atau memberikan pandangan mengenai apa itu smarti city/kota cerdasku.

Seiring berkembangnya teknologi yang sangat cepat segala sesuatu bisa di akses dengan mudah, dengan adanya teknologi informasi kita di mudahkan untuk berintraksi satu sama lain. Berkaitan dengan smart city/kota cerdasku disini ada beberapa komponen yang di terapkan sehingga bisa di namakan smart city, seperti: 
  1. smart home
  2. smart mobility
  3. smart retail
  4. smart health
  5. smart energy
  6. smart agriculture
  7. open data
  8. internet of things.

Sebenarnya masih banyak lagi komponen yang belum di sebutkan namun admin masih belum sempat membahasnya secara detail, jadi admin akan membahas sesuai pemahaman admin seperti komponen yang telah di sebutkan di atas dan juga smart city versi keinginan admin.

smart city

Jadi ada 8 komponen yang tertera pada gambar di atas yang sudah admin sebutkan pada paragraf sebelumnya, jadi admin akan menjelaskan seperti apa dan bagai mana proses kerja dari masing-masing komponen tersebut.

Smart home


Smart home/rumah pintar adalah sebuah rumah dimana rumah ini akan menggunakan system controller, jadi segala sesuatu yang ada pada di dalam rumah tersebut akan terkontrol dengan mudah seperti gambar di bawah ini:
smart home
jadi segala sesuatu yang terhubung dengan system akan di kontrol cukup dengan 1 kali tekan seperti bagian" yang ada pada gambar di atas.

penjelasan singkat:
pada gambar di atas terdapat sebuah cctv dimana kegunaannya untuk mengamankan lingkungan rumah atau bagian" tertentu supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan jadi ketika kita keluar rumah kita cucup menekan tombol cctv yang sudah terinstal di aplikasi smart phone kita dan kemudian dengan sendirinya kamera cctv tersebut akan otomatis menyala dan merekam, setelah merekam nanti hasil rekaman tersebut akan tersimpan di sebuah hardisk yang sudah di sediakan dan apabila pada saat proses perekaman terjadi sesuatu dan lain hal yang tidak kita inginkan dengan sendirinya aplikasi tersebut akan berdering kemudian melapor apa yang  di tangkap oleh kamera cctv tersebut, apabila cctv tersebut mendeteksi pencuri maka dengan secara otomatis terjadi face detection atau deteksi wajah, dan apabila pencuri tersebut menggunakan masker untuk menutup muka, maka kamera cctv tersebut akan mendeteksi sidik jari pencuri tersebut terhadap benda-benda yang sudah di pegang sama malaing itu sendiri setelah kedua proses tersebut terdeteksi nanti akan terjadi proses pencarian data, masalah pencarian data akan di bahas di bagian Open Data.

Open Data


Open data/buka data yang di maksud open data disini adalah biodata, data KTP, data STNK/BPKB, data SIM intinya data yang bersipat untuk pelu di ketahui oleh publik, jadi bukan data privasi atau dokumen sangat rahazia yang di maksud pada open data tersebut. Apabila terjadi proses pembukaan data privasi itu nantinya akan di kenakan proses hukum jadi perlu di ingat data yang bersipat privasi secara pribadi itu tidak akan di tampilkan disini.

penjelasan singkat:
Pada open data ini memiliki sebuah web/aplikasi resmi yang bisa di akses oleh semua orang tentunya harus menjadi WNI (Warga Negara Indonesia) dimana pada saat login di sebuah aplikasi/web harus menggunakan NIK (Nomor Induk Keluarga) yang tertera pada sebuah KTP pribadi, apabila belum memiliki KTP maka orang tersebut masih di anggap berada di bawah umur untuk mengakses aplikasi tersebut. 

Lanjutan pembahsan pembahasn mengenai kamera cctv yang terhubung dengan Open Data:

Pada bagian penjelasan singkat mengenai kamera cctv di atas tadi terdapat proses pencarian data mengenai pencuri yang tertangkap kamera cctv, pada bagian ini nantinya apabila pencuri tersebut tertangkap face detection atau deteksi wajah  dengan sendiri kamera cctvnya akan mencari data yang sudah kita hubungkan dengan database Open Data tersebut jadi apabila sudah ketemu aplikasi yang sudah terinstal di smartphone untuk mengangkses kamera cctv tersebut akan melapor dengan pormat laporan seperti berikut: 

"atas nama orang ini(.....) NIK(.....) Sidik jari(.....) sudah melakukan pencurian. klik tombol di bawah ini untuk mengetahui detail biodata orang tersebut".

Tetapi apabila pencuri tadi menggunakan masker dan sidik jari dari benda yang sudah di sentuh oleh pencuri tersebut akan tertangkap oleh kamera cctv kemudian terjadi proses pengambilan gambar yaitu gambar sidik jari yang nempel pada suatu benda. Dengan sendirinya kamera cctv akan mengirim foto sidik jadi melalui notice/pemberitahuan yang sudah tersedia pada apliasi tersebut kemudian orang yang terkena musibah pencurian tersebut akan mencari siapa pelaku dari pencuri itu sendiri dengan menggunakan login pada aplikasi/web Open Data.

Smart Mobility

smart mobility

Smart mobility atau mobil pintar,, kedengarannya sangat bagus dengan adanya mobil pintar jadi kita hanya duduk di dalam mobil dan menikmati kecanggihan yang ada di mobil seperti sensor jaga jarak, sensor cuaca, konci pintu otomatis, GPS tracker dll. Semakin lama mobil-mobil terbaru yang release semakin canggih tentunya harga dari mobil pintar juga semakin mahal yang di akibatkan oleh adanya teknologi yang digunakan oleh mobil tersebut.

penjelasan singkat:
jadi mobil pintar disini sangat banyak bagian-bagian yang mempunyai kelebihan masing-masing yang sudah di lengkapi oleh teknologi terbaharukan jadi admin akan menjelaskan hal-hal yang perlu di ketahui versi admin. Jadi mengenai mobil pintar disini admin akan memberikan sebuah video yang dapat anda lihat di link ini (video smart mobile) ikuti saja instuksi linknya karena di video tersebut terdapat motivasi teknologi terbaru yang sangat penting untuk anda ketahi, sebenarnya mobil pintar ini bersangkutan dengan pengenalan pola jadi masalah mobil pintar, pengenalan pola ada pada pembahasan di link video di atas.

Internet of Things (ioT)

internet of things

Internet of Things disini berperan sebagai yang paling penting karena rata-rata yang di bahas pada artikel ini adalah pengaplikasian Internet of Things, jadi dengan adanya ioT pastinya smart city/kota cerdas akan semakin sempurna.

penjelasan singkat:
Admin akan menayangkan sebuah video untuk menjelaskan prinsip kerja ioT yang perlu anda ketahui (prinsip kerja Internet of Things) seperti biasa ikuti instruksi link untuk mengetahui prinsip kerja internet of things yang sangat perlu anda ketahui.

Smart Health 

smart health

Smart health/kesehatan cerdas, melihat kondisi rumah sakit atau puskesmas pada saat skarang ini terlalu banyak menghabiskan tenaga terutama di daerah lombok NTB dimana para perawat atau suster selalu mengntrol pasiennya, bahkah ada juga perawat yang lembur untuk menjaga pasien. Dengan adanya smart health segala sesuatu yang di kerjakan perawat atau dokter itu semakin mudah.

penjelasan singkat:

arsitektur smart health
arsitektur smart helath

Jadi sperti itulah proses kerja dari smart health, dengan adanya sensor ECG kemudian apabila terdapat ada perubahan yang sekiranya butuh pertolongan sensor ECG tersebut akan mengirim ke smartphone pasien yang sudah terinstal aplikasi smart health jadi secara otomatis smart phone itu akan mengirim ke server atau monitor ICU setelah itu server akan mengirim info ke dokter entah bentuk sms atau call, jadi apapun yang di kerjakan si dokter harus di hedel langsung tanpa alasan dan apabila masih bisa di tangani oleh prawat, dokter tersebut akan menginformasikan ke prawat untuk menghedel kebutuhan si pasien tersebut, jadi perawat gak harus selalu mengontrol pasien di dalam ruangan melainkan ada instruksi dari atasannya langsung yang di beri info oleh si pasien. 

Apabila pasien bergerak ke sesuatu tempat tanpa sepengetahuan dokter dan perawat itulah gunanya ada kamera cctv untuk mengontrol di dalam ruangan pasien, jadi pasien dengan mudah melambaikan tangan ke kamera cctv untuk meminta bantuan, entah pergi buang air kecil maupun air besar, jadi pasien akan langsung datang untuk menangani hal tersebut. Jika perawat tidak datang dengan secepat mungkin, itulah gunanya tombol darurat/danger supaya dapat pertolongan dengan cepat.

Smart Energy


Smart energy/energy cerdas jadi disini energy cerdas versi admin tentang penggunaan energy listrik secara otomatis, dimana pada suatu lampu jalanan itu sudah tersedia sensor malam hari dan siang hari jadi dengan adanya sesnor tersebut penggunaan listrik pada lampu jalanan akan mengalami padam pada saat siang hari dan menyala pada malam hari. Ada juga yang menggunakan panel surya sepertin yang kita lihat sekaran ini sering di gunakan di tengah gili atau pulau yang membutuhkan listrik, jadi dengan adanya penerapan panel surya tersebut penghematan dalam menggunakan listrik akan semakin meningkat baik itu di kota maupun di daerah terpencil.

Smart Traffic Control System atau Pengenalan Pola

smart traffic

Smart traffic control system ini termasuk di bagian pengenalan pola dimana kamera cctv di berikan sebuah program untuk mengetahui pola" yang tertangkap oleh kamera cctv tersebut jadi dengan menggunakan kemanan smart traffic control system ini pada sebuah jalan atau transfortasi pastinya akan aman dari segala hal pencurian spedamotor atau mobil. 

Tapi sayangnya di indonesia belum ada penerapan teknologi seperti ini pada suatu jalan raya jadi harapan kedepannya dengan adanya penyampaian Kota Cerdasku melalui blogger semoga smart traffic control system  ini bisa di adakan oleh pemerintah. 

Jadi sampai di sini pembahasan mengenai Kota Cerdasku versi admin kuasai teknologi semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang membaca dan juga berguna untuk negara, sekiannn dan terimakasih.....

Terima Kasih sudah membaca Ini Kota Cerdasku Mana Kota Cerdasmu??. Semoga Bermanfaat!