4 Langkah Memulai Website Bisnis Online- Kuasai Teknologi

4 Langkah Memulai Website Bisnis Online

  1. Kuasai Teknologi
  2. Internet
  3. Seo
  4. Website
Bisnis online yang baik adalah bisnis yang mudah ditemukan di Google. mengapa? Sebab sekitar 81 persen pengguna melakukan riset di Google terlebih dahulu sebelum membeli sebuah produk.

Agar bisnis anda mudah ditemukan di Google, hal pertama yang anda butuhkan adalah website. Dengan website anda bisa menjaring trafik organik google dengan konten-konten menarik.

Kabar baiknya, anda bisa membuat website sendiri dalam waktu singkat. Dengan kombinasi WordPress dan WooCommerce, anda bisa membangun website toko online tanpa perlu pengetahuan coding atau programming sama sekali.

4 Langkah Memulai Website Bisnis Online
4 Langkah Memulai Website Bisnis Online

Membuat website tidak boleh setengah-setengah, anda harus mengptomalkan fungsi website semaksimal mungkin agar pelanggan anda nyaman belanja di sana. apa saja yang harus anda lakukan agar website berjalan optimal, berikut langkah-langkahnya.

1. Tingkatkan Kecepatan Website

Pelanggan anda adalah orang-orang yang tidak sabaran, mereka ingin serba cepat. menurut riset Google pengguna internet indonesia akan meninggalkan website yang loading lebih dari 3 detik.

Coba cek kecepatan loading website anda apakah diatas 3 detik atau di bawah 3 detik.

Jika kecepatan loading sudah kurang dari 3 detik, anda bisa sedikit lebih lega, Namun apabila loading website anda masih di atas 3 detik website anda membutuhkan perhatian penuh untuk mempertahankan performance website anda.

2. Tingkatkan Keamanan Website

Selain kecepatan loading, keamanan website juga menjadi salah satu faktor penting pada website toko online. Pelanggan tidak ingin data-data pribadinya tersebar dan disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Anda perlu meyakinkan bahwa website toko online anda aman untuk transaksi. Mereka perlu diyakinkan bahwa data mereka tidak disalagunakan dan transaksi mereka aman.

3. Siapkan Backup

Begitu juga dengan mengelola website. Harus sedia payung sebelum hujan. Payung yang dimaksud disini adalah backup. Sedangkan hujan yang dimaksud disini adalah hal-hal seperti error ketika update tema, terkena hack, atau diserang malware.

jadi ketika hal-hal yan tidak dinginkan tersebut terjadi. Anda sudah punya cadangan data website. Dengan begitu, website tetap bisa berjalan secara normal. dan yang terpenting adalah pelanggan anda tidak terganggu ketika belanja di toko online anda.

Anda bisa mengaktifkan plugin backup otomatis, beberapa layanan hosting bahkan menyediakan fitur otomatis.

4. Buat Website Mobile Friendly

Saat ini website toko online akan sulit memenangkan persaingan jida tidak mboile friendly, sebab sebagian besar pengguna internet indonesia mengakses internet melalui perangkat mobile.

Menurut riset google pada 2018 sebanyak 93 persen pengguna internet indonesia melalui smartphone.

Jadi membuat website mobile friendly bukan lagi puluhan, melainkan keharusan. Pastikan pelanggan anda bisa mengakses website anda baik di perangkat desktop maupun mobile.

Terima Kasih sudah membaca 4 Langkah Memulai Website Bisnis Online. Semoga Bermanfaat!