8 Indikator Utama SEO 2020- Kuasai Teknologi

8 Indikator Utama SEO 2020

  1. Kuasai Teknologi
  2. Artikel Spesial
  3. Seo
  4. Tips and Trik
  5. Umum
8 Indikator Utama SEO 2020 - Menurut Google, 88 persen konsumen melakukan. riset online sebelum melakukan pembelian. Keadaan ini menurut pemilik bisnis untuk bisa memiliki online presence yang baik agar bisa selalu ditemukan di dunia maya. Salah satu cara terbaik untuk membangun online presence yang baik adalah dengan meningkatkan kualitas SEO.
8 Indikator Utama SEO 2020
8 Indikator Utama SEO 2020
Sebelum membahan mengenai tips-tups untuk mengoptimasi SEO website anda, sebaiknya anda juga perlu memahami faktor atau indikator apa saja yang berpengaruh terhadap kualitas SEO. Indikator SEO terus berubah mengikuti update algoritma dari Google.

Google menggunakan macam-macam indikator untuk menentukan halaman website mana yang paling banyak berada di posisi teratas. Indikator-indikator tersebut berfungsi untuk menilai semua halaman website di indeks Google dan menentukan posisi di hasil pencarian Google. Berikut adalah delapan indikator utama SEO 2019.

1. Struktur URL

Struktur URL yang baik memudahkan mesin pencari untuk mengenali website anda dan topik utama yang anda bahas.

Sebaiknya buat struktur URL yang sederhana, cukup mengandung nama domain dan judul artikel. Berikut adalah contoh URL yang terstruktur.

2. Keamanan Domain

Keamanan merupakan hal krisual dalam dunia maya. Pengguna internet harus berhati-hati dalam memberikan informasi pribadinya kepada website untuk menghadiri penyalahgunaan informasi pribadi.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Google lebih mengarahkan pencarian pada website dengan standar keamanan yang leibih baik. Sejak 2014, Google mulai mengutamakan website-website yang keamanan domainnya dinilai baik. Keamanan domain yang bagus dapat dilihat dari kepemilikan SSl (HTTPS) di domainnya.

Selain itu, sejak Januari 2017 Google Chrome mulai menerapkan kebijan website yang hanya menggunakan HTTP sebagai website tidak aman untuk menyerahkan informasi pribadi seperti alamat email dan rekening. Jika domain website anda masih menggunakan HTTP, sekarang adalah saat yang tepat untuk segera menggantnya ke HTTPS.

3. Topik Konten

Di poin pertama saya sudah menjelaskan sedikit tentang struktur website yang baik. Anda harus memiliki beberapa topik utama yang salin gberhubungan untuk membangun struktur website yang bauk.

Setelah menentukan beberapa topik utama, Anda perlu membuat konten mengenai topik-topik tersebut. Semaikn banyak konten yang membahas satu topik tertentu, semakin bsesar kemungkinannya untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian topik tersebut.

Misalnya, anda membuat blog kuliner dengan salah satu topik utamanya adalah review restoran. Jika blog anda memiliki konten 30 yang membahas hal tersebut, kemungkinannya untuk berada di posisi teratas hasil pencarian Google lebih besar dibanding blog dengan 5 kontent yang membahas topik serupa.

4. Search Intent

Search intent atau maksud pencarian adalah apa yang diinginkan oleh kebanyakan penari terhadap satu kata kunci tertentu. Satu kata kunci bisa dimaksudkan untuk dua hal yang berbeda atu lebih.

Misalnya ketika memasukan kata kucni big bang theory, halaman teratas di hasil pencarian Google adalah serial televisi Amerika yang berjudul The Big Bang Theory, bukan halaman yang membahas ledakan dahsyat ( big bang theory).

Mengapa bisa terjadi seperti itu? Sebab kebanyakan pengguna yang mencari kata kunci "big bang theory" bermaksud untuk mencari serial televisi, bukan teori sainsnya. Jadi Google mengutamakan halaman website yang sesuai denga search intent mayoritas pengguna.

Sebelum menulis sebuah konten, pastikan anda menyesuaikannya dengan search intent pengguna terlebih dahulu. Kontent yang tidak sesuai dengan search intent memiliki kemungkinan sangat kecil untuk mendapatkan posisi tinggi di hasil pencarian.

5. Struktur Konten

Konten yang sesuai keinginan para pencari saja belum cukup.

Anda harus membuat konten yang terstruktur dan mudah dimengerti oleh pembaca. Mudahkan pembaca dalam menemukan jawabannya di konten anda.

Caranya adalah dengan menggunakan heading dan subheading untuk poin-poin paling penting dalam konten. Sebagai tambahan, anda juga bisa menambahkan foto, gambar ilustrasi, infografik, atau bahkan video untuk membantu pembaca memahami konten anda.

Pembaca akan menghabiskan waktu lebih lama di blog jika merika menyukai konten anda. semakin lama waktu yang mereka habiskan di blog anda, semakin besar kemungkinan konten anda untuk mendapatkan rangking tinggi di hasil pencarian.

6. Meta Tags

Meta tags membantu Google untuk memahami keseluruhan konten di sebuah halaman website. Meta tags terdiri dari title tag dan meta description. Pertama, title tag adalah judul artikel anda yang muncul di hasil pencarian. Judul artikel tidak boleh terlalu panjang karena Google akan memotongnya dan disesuaikan dengan standarnya.

Kedua, meta description adalah teks singkat yang menjelaskan tentang konten anda di hasil pencarian.

Teks ini terletak tepat di bawah judul dan URL artikel. Meta description biasanya terdiri dari 120 sampai 130 karakter.

7. Backlink

Backlink atau sering juga disebut sebagai external link atau inbound link adalah link yang dipasang pada suatu blog/website lain yang mengarahkan ke halaman blog/website anda. Backlink masih menjadi salah satu faktor penting untukSEO.

Semakin banyak backlink ke website anda, Google akan menganggap website anda memiliki kreadibilitas tinggi. Namun, backlink tersebut juga harus berasal dari website atau blog berkulitas, bukan blog atau website abal-abal.

8. Kecepatan Website

Last but not least, faktor penentu SEO terakhir adalah kecepatan website. Kecepatan loading website memagang peranan penting dalam kualitas SEO anda. Google sudah menjadikan page speed (kecepatan loading halaman) sebagai salah satu indikator sejak 2010. Namun, pada saat itu Google hanya fokus pada kecepatan loading di perangkat desktop

Terima Kasih sudah membaca 8 Indikator Utama SEO 2020. Semoga Bermanfaat!