3 Langkah Dasar yang Dilakukan Google di Mesin Pencari- Kuasai Teknologi

3 Langkah Dasar yang Dilakukan Google di Mesin Pencari

  1. Kuasai Teknologi
  2. Tips and Trik
  3. Umum
Ketika mengunggah sebuah konten ke website, kontentmu tidak langsung mencapai halaman pertama Google Search Engine Page Result (SERP). Namun websitemu akan mengalami 3 fase berikut ini.
Ada 3 Langkah Dasar yang Dilakukan Google di Mesin Pencari

1. Crawling

Langkah pertama, Google akan mencari tahu halaman apa yang ada di internet. Setiap saat, Google juga menelusuri halaman-halaman baru secara terus-menerus dan menambahkannya ke daftar halaman yang dikenalnya. 

Saat crawler menemukan halaman web, sistem akan merender konten halaman tersebut, sama seperti yang dilakukan browser. Kemudian mencatat sinyal-sinyal penting, mulai dari kata kunci hingga update situs dan tetap melacak semuanyak di indeks penelusuran.

Indeks Google penelusuran berisi ratusan miliar halaman dan memiliki kapasitas hingga lebih dari 100.000.000 GB. Ini serupa dengan indeks di bagian belakang buku, dengan entri untuk setiap kata yang terlihat di setiap halaman web yang di indeks. Saat mengindeks halaman web, akan di tambahkan ke entri untuk semua kata yang ada di dalam halaman tersebut.

2. Indexing

Setelah Google mengenali Halaman website-mu, dia akan memahami berbagai elemen yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, Google Webmaster menyarankan beberapa hal yang perlu kamu kamu persiapkan agar bisa semakin dikenal oleh Google, yaitu
  • Buat judul halaman yang pendak dan bermakna.
  • Gunakan judul halaman yang mendeskripsikan subjek halaman.
  • Gunakan teks untuk menyampaikan konten poin penting, bukan gambar, karena Google akan lebih mudah memahami kata-kata ketimbang ga,bar atau video.
Tapi di sisi lain, kamu juga perlu menyertakan setidaknya satu gambar untuk setiap artikel agar mempermudah pengunjung memahami kontenmu.

Halaman diindexks oleh google jika telah dikunjungi oleh crawler Google ("Googlebot"), dianalisis untuk konten dan arti halaman, serta disimpan di indeks Google. Halaman yang diindeks dapat ditampilkan di hasil Google Penelusuran (jika halaman mengikuti pedoman webmaster Google). Meskipun sebagian besar halaman di-crawl sebelum pengindeksan, Google juga dapat menindeks halaman tanpa akses ke konten mereka(misalnya, jika halaman diblokir oleh perintah robots.txt)

3. Serving dan Ranking

Ketika mengetikan keyword di search bar Google, kamu akan mendapatkan informasi yang relevan dengan kriteriamu, seperti lokasi, bahasa. dan referensi yang sesuai dengan search history kamu. Hal yang sama juga berlaku pada pengguna lain yang berkemungkinan menjadi pengunjung website-mu.

Oleh karena itu, pastikan website-mu memenuhi beberapa hal berikut:
  • Halaman dimuat dengan cepat dan mobile-friendly
  • Isi Halaman dengan konten yang berguna dan relevan
  • Pahami tips dan trik panduan SEO
Saat pengguna mengetik kueri, Google mencoba menemukan jawaban yang paling relevan dari indeksnya berdasarkan banyak faktor. Google mencoba menentukan jawaban dengan kualitas tertinggi, dan memperhitungkan pertimbangan lain yang akan memberikan pengalaman pengguna terbaik dan jawaban yang paling tepat, dengan mempertimbangkan hal-hal seperti lokasi, bahasa, dan perangkat pengguna (desktop atau ponsel). Misalnya, jawaban untuk penelusuran "bengkel perbaikan sepeda" bagai pengguna di parsi akan berbeda dengan jawaban bagi pengguna di Hong Kong. Google tidak menerima pembayaran untuk memberi peringkat halaman lebiih tinggi, dan pemberian peringkat dilakukan secara terprogram.


Terima Kasih sudah membaca 3 Langkah Dasar yang Dilakukan Google di Mesin Pencari. Semoga Bermanfaat!