Cara Mudah Ikut Berkontribusi di Projek Orang Lain Dengan Fork Project di GitHub- Kuasai Teknologi
Setelah mengunakan GitHub sendiri untuk sementara waktu, anda mungkin ingin berkontribusi untuk proyek orang lain. atau mungkin anda ingin mgnggunakan proyek seseorang sebagai titik awal untuk proyek anda sendiri. Proses ini dikenal sebagai forking.

Membuat Fork menghasilkan salinan pribadi dari proyek orang lain. Fork bertindak sebagai semacam jambatan antara repositori asli dan salinan pribadi anda. anda dapat mengirimkan Pull Request untuk membantu menjadikan proyek orang lain lebih baik dengan menawarkan perubahan anda hingga ke proyek asli. Forking adalah inti dari pengkodean sosial di GitHub.

Cara Mudah Ikut Berkontribusi di Projek Orang Lain Dengan Fork Project di GitHubFork Repository

Untuk Fork Spoon-Knife repository, klik tombol Fork di header repositori.
Cara Mudah Ikut Berkontribusi di Projek Orang Lain Dengan Fork Project di GitHub
Apabila Fork sudah selesai anda akan dibawa ke salinan repositori Spoon-Knife

Clone your fork

Anda telah berhasil Fork repositori Spoon-Knife, tetapi sejauh ini, itu hanya ada di GitHub. Agar dapat bekerja di proyek, anda harus mengkloningnya ke komputer anda.

Jika anda menggunakan GitHub Desktop, proses ini sangat mudah. Pada Fork Spoon-Knife navigasikan ke bilah sisi kanan dan klik Clone atau unduh. Bagaimana anda mengkloning terserah anda. beberapa opsi dicloning dengan baris perintah, atau dengan menggunakan GitHub Desktop.

Making and pushing changes

Silahkan dan buat beberapa perubahan pada proyek mengunakan editorteks favorit anda, seperti VSCODE, Atom dll. misalnya teks dalam index.html untuk menambahkan nama pengguna GitHub Anda. Saat anda siap mengirim perubahan anda, stage dan commit perubahan anda.

Saat ini pada dasarnya anda memberi tahu sang pemilik project, "oke saya sudah mengambil snapshot dari perubahan saya" anda dapat terus membuat lebih banyak perubahan, dan mengambil lebih dari banyak commit snapshot. Saat anda siap, Push perubahan anda ke repositori yang sudah di remote.

Making a Pull Request


Terakhir, anda siap untuk mengusulkan perubahan ke proyek utama, ini adalah langkah terakhir dalam menghasilkan fork proyek orang lain, dan bisa dibilang yang paling penting. Jika anda telah membuat perubahan yang anda rasa akan bermanfaat bagi masyarakat secara keseluruhan, anda harus mempertimbangkan untuk berkontribusi kembali.

Untuk melakukannya, pergilah ke repositori di GitHub dimana proyek anda sebelumnya, Sebagai contoh repositori akan menjadi seperti https://www.github.com/<your_username>/Spoon-Knife. Anda akan melihat banner yang menunjukkan bahwa anda baru saja Push branch baru, dan anda dapat mengirimkan branch ini "upstream" ke repositori asli:
Cara Mudah Ikut Berkontribusi di Projek Orang Lain Dengan Fork Project di GitHub
Klik di bagian Compare dan Pull Request mengirim anda ke halaman diskusi, dimana anda dapat memasukkan judul dan deskripsi opsional. Sangat penting untuk memberikan informasi yang berguna dan alasan mengapa anda membuat Pull Request ini di tempat pertama. Pemilik repositori harus dapat menentukan apakah perubahan anda bermanfaat bagi semua orang seperti yang anda pikirkan.

Saat catatan perubahan anda sudah di paparkan sejelas mungkin anda tinggal klik kirim Pull Request dan selesai...

Cara Mudah Ikut Berkontribusi di Projek Orang Lain Dengan Fork Project di GitHub
Pull Request adalah area untuk diskusi. Dalam hal ini apabila anda melakukan perubahan kemudian meminta Pull Request anda harus mencantumkan lebih detail penjelasan perubahan yang anda buat supaya pemilik repositori asli mengerti dan cepat untuk merge perubahan yang anda minta, apabila pemilik repositori menolak atau meminta perubahan terhadap Pull Request yang anda kirim, segera mungkin dirubah supaya Codingan repositori inti tidak rusak apabila di merge oleh pemilik repositori inti.

Semoga bermanfaat untuk bagaimana cara berkontribusi ke repositori orang lain dan selamat mencoba menjalankan lika liku sebagai penggemar open source

Terima Kasih sudah membaca Cara Mudah Ikut Berkontribusi di Projek Orang Lain Dengan Fork Project di GitHub. Semoga Bermanfaat!