Harga Jasa Pembuatan Website yang Sebenarnya- Kuasai Teknologi

Harga Jasa Pembuatan Website yang Sebenarnya

  1. Kuasai Teknologi
  2. Artikel Spesial
  3. Seo
  4. Umum
Dengan perkembangan dunia digital saat ini banyak dari usaha/bisnis yang belum tersentuh digital beralih atau migrasi ke dunia digital seperti pembuatan website untuk usaha/bisnis yang baru saja migrasi karena lebih menjamin mendapatkan pelanggan baru. 

Tetapi kebanyakan orang yang mempunyai usaha/bisnis yang baru saja migrasi ke dunia digital selalu kebingungan dengan harga website yang di tawarkan oleh developer atau pengembang website.

Oleh karena itu timbulah pertanyaan yang selalu ada pada saat memulai pembuatan website seperti,

Berapa Harga Pembuatan Website?

pertanyaan ini sangat sensitif kepada developer atau pengembang website karna to the point tidak menjelaskan terlebih dahulu requirement dari website tersebut.

Disini saya akan membantu menjawab pertanyaan diatas dan kebetulan kebanyakan teman-teman admin mayoritas developer dan software engineer ingat bukan developer bangunan ya,,, karena orang awam mengira developer itu hanya ada di bangunan :D

Baiklah dalam membuat website ada 2 kategori yang sering saya jumpai pada saat pembuatan website, jadi saya akan menjawab pertanyaan di atas, adapun dua kategori seperti berikut:

1. Menggunakan Tools

Harga Jasa Pembuatan Website yang Sebenarnya

Jadi Tools yang digunakan disini adalah Wordpress ada juga beberapa tools lain seperti wix, blogger dll. Tetapi admin akan membahas seputaran Wordpress.

Pembuatan website menggunakan Wordpress ini tidak terlepas dari yang namanya Domain dan Hosting. adapun pembuatan website menggunakan Wordpress ini bisa menggunakan Template gratis atau berbayar sehingga pembuatan website lebih cepat beda lagi dengan template customize nanti akan kita bahas pada bagian selanjutnya.

Apa itu Domain?

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi server komputer agar lebih mudah diingat daripada menggunakan IP (Internet Protokol) address. 

Contohnya seperti: .com, .co.id, .id .xyz, .store, .online, .io dan masih banyak lagi

Apa itu Hosting?

Hosting atau web hosting adalah sebuah tempat dimana file dan data yang diperlukan website disimpan serta dapat diakses dan dikelola melalui internet. File website yang disimpan pada hosting berupa video, gambar, mail, script, aplikasi dan database.

Jadi apabila anda ingin membuat sebuah website anda harus melakukan riset atau kalkulasi harga domain dan harga hosting terlebih dahulu baru digabungkan dengan harga jasa pembuatannya.

Misal harga Domain .com saat ini dengan harga Rp.125.000/tahun kemudian harga Hosting Rp. 147.000/bulan jadi anda gabungkan semisal lama penyewaan hosting dalam 1 tahun, harga hosting dikali harga perbulannya dapat harga Rp. 1.764.000 di tambah lagi harga domain Rp. 125.000 total harga domain dan hosting selama 1 tahun = Rp. 1.889000  perlu diketahui harga ini diluar harga promo yang di tawarkan oleh penyedia provider domain dan hosting.

harga kalkulasi di atas diluar dari harga penyewaan server, server disini diibaratkan anda menyewa sebuah komputer orang lain yang dimana penyewaan ini kita sewa di penyedia provider.

Jadi dengan melakukan kalkulasi seperti di atas sudah kelihatan harga setengah dari harga pembuatan website dengan catatan pembuatan website menggunakan Tools Wordpress. 

Selanjutnya beralih ke durasi pembuatan web, disini kita perlu menentukan pengerjaan web itu dilakukan berapa hari atau berapa minggu? pada bagian ini juga dihitung oleh developer atau pengembangan website, apabila anda yang mau membuat website meminta jangka waktu pengerjaan lebih cepat tentu pengembang website akan meminta lebih mahal karena harus mengejar target dan mengorbankan waktu luang untuk tetap fokus ke pembuatan website sehingga target tercapai dalam kurun waktu beberapa hari atau minggu.

Langkah selanjutnya masuk ke bagian fiture yang ada di website, pada bagian ini juga terhitung oleh pengembang website apabila anda request fiture yang ribet tentu harga juga mahal dan sebaliknya apabila fiture yang simpel harga tetap di angka normal. 

Tetapi dari sekian banyak orang yang ingin melakukan pembuatan website sering kali pada saat pembahasan mengenai Fiture, developer selalu terjebak di bagian ini, karna mudah di mata orang awam itu belum tentu mudah di mata developer oleh karena itu anda yang ingin membuat website sampaikan fiture sedetail mungkin dan kurangi kata-kata yang seperti cuma tambahin, tinggal ini, hanya ini, cuma fitur itu, ubah dikit dll. 

Apakah Template Wordpress punya permasalahan?

Ya benar, tapi tentu saja wordpress memiliki keterbatasan, jika anda ingin membangun sebuah website yang kompleks seperti social media, sebuah market place atau website e commerce yang canggih maka anda tidak bisa hanya menggunakan wordpress saja, anda memerlukan suatu yang customize, anda perlu membuat sendiri menggunakan bahasa pemrograman tertentu salah satunya adalah bahasa pemgrograman PHP.

Dari bebrapa ulasan di atas sudah nampak jelas pembuatan website itu menghabiskan modal berapa, itu hanya proses pembuatan website saja, belum lagi optimasi website sehingga muncul di halaman pertama Google yang sering disebut SEO(Search Engine Optimasi).

Jadi dengan beberapa ulasan di atas dapat disimpulkan pembuatan website menggunakan Tools Wordpress itu harga rata-rata sekitar Rp. 3 juta, 4 juta diluar dari penyewaan server dan optimasi website. bergantung dengan lokasi seperti jasa website di lombok.

2. Pembuatan Website Menggunakan Coding

Harga Jasa Pembuatan Website yang Sebenarnya
Pada pembuatan website menggunakan Coding yang lebih dikenal dengan bahasa pemrograman untuk sebuah website yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP atau JavaScript dll, dan dibangun sendiri harganya bisa saja sampai miliyaran. tergantung tingkat kompleksitas dari website tersebut serta biaya server untuk menampung semua data dalam website tersebut. bisa jadi biaya servernya saja sudah puluhan juta rupiah perbulannya.

Saat ini jasa-jasa pembuatan website menawarkan jasanya dari mulai 5 juta sampai 10 juta per website untuk website-website standar. Sedangkan jasa pembuatan website yang sudah ahli dalam pembuatan website dari segi compleksitas, security, tampilan dll harganya mulai dari 20 juta sampai dengan 300 juta per website

Mahal juga ya?

Ketika membuat sebuah website, bukan hanya mempertimbangkan fitur-fitur dari website tersebut tapi memikirkan rencana bisnis dari website tersebut. serta impact atau efek website tersebut bagi sang pembeli.

Jadi berapa sih harga website itu?

Jika anda menggunakan Design Template yang gratisan dan pembuatan menggunakan wordpress biaya yang anda keluarkan per website/tahun adalah Rp. 1.000.000(sudah termasuk domain dan hosting) apabila menggunakan jasa pembuatan website di mataram beda lagi dan admin sudah sampaikan pada ulasan diatas

Tapi jika website yang anda inginkan amat rumit dan memerlukan server atau hosting yang besar bisa jadi dimulai dari 20 juta sampai ratusan juta rupiah.

Pilihan anda ada ditangan anda, nah jika anda sudah tau peluang seperti ini dan pada saat yang sama telah menguasai teknik membuat website. anda pasti akan dapat meraih keuntungan dari sana. Segerahlah dan open your mind

Terima Kasih sudah membaca Harga Jasa Pembuatan Website yang Sebenarnya. Semoga Bermanfaat!