7 Tips Jitu Melawan Typo di Microsoft Word- Kuasai Teknologi

7 Tips Jitu Melawan Typo di Microsoft Word

  1. Kuasai Teknologi
  2. Tips and Trik
  3. Umum
Pada saat sudah selesai mengerjakan tugas seringkali terjadi kalimat typo yang tidak kita sadari karena kurang teliti dalam penulisan kata atau kalimat, oleh karena itu dengan 7 Tips ini Typo yang tidak anda sadari akan hilang dengan begitu anda akan terasa nyaman dalam melakukan pengetikan pada Microsfot Word dan proses belajar microsoft office semakin nyaman. 
7 Tips Jitu Melawan Typo di Microsoft Word

1. Periksa Ulang Kata Demi Kata

Setelah kamu menyelesaikan tulisanmu, jangan malas untuk memeriksa kembali tulisanmu kata demi kata. Cara ini efektif untuk menghilangkan typo yang ada di tulisanmu. Saat memeriksa ulang tulisanmu, hindari metode membaca cepat (skimming) karena ini bisa membuatmu melewatkan typo yang ada

2. Menggunakan Situs Pendeteksi Typo

Sekarang ini banyak berbagai software atau website pendeteksi typo yang bisa kamu manfaatkan. Untuk tulisan dalam bahasa Indonesia, kamu bisa menggunakan typoonline.com. Untuk tulisan berbahasa Inggris, ada lebih banyak pilihan seperti misalnya gingersofware.com, languagetool.org, dan app.grammarly. 

3. Menggunakan Jasa Proofreading

Proofreading ini umumnya dilakukan oleh orang lain selain penulis. Kalau kamu meminta bantuan teman, sebaiknya kamu memilih teman yang memiliki ketelitian tinggi untuk mengoreksi tulisanmu. Semakin banyak orang yang melakukan proofreading pada tulisanmu, maka kesalahan typo yang ada bisa semakin diminimalkan.

4. Hindari Penggunaan Autocorrect

Dalam Microsoft Word, terdapat fitur bernama autocorrect yang didesain untuk memperbaiki typo. Meski begitu, fitur ini terkadang justru bisa mengacaukan tulisanmu. Ini sering terjadi terutama kalau kamu bisa menggunakan autocorrect yang berbeda dengan bahasa yang kamu pakai.

5. Menggunakan Fitur "Find and Replace"

Dengan fitur Find and replace, kamu bisa mengetikkan kesalahan kata-kata tersebut. Apabila kesalahan tersebut terdeteksi, kamu bisa menyunting langsung dengan mudah cepat ketimang melakukan satu-satu.

6. Memotong Kuku Jika Sudah Panjang

Memang terkesan spele, tapi kuku bisa berpengaruh pada performa gerakan jarimu. Yang perlu kamu tahu kuku yang terlalu panjang bisa menghambat ergerakan jari saat sedang mengetik. Kuku yang terlalu panjang juga bisa membuat jarimu terpeleset untuk menekan huruf yang ingin kamu tekan secara akurat.

7. Istirahat Cukup Agar Fokus Saat Menulis

Meski terdengar klise, tapi kamu butuh istirahat yang cukup sebelum mengetik tulisanmu. Saat sedang mengetik tulisan, pastikan kamu ada dalam keadaan segar dan gak mengatuk. Luangkan waktu jeda yang cukup untuk istirahat. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus dan bisa menghindari typo. 


Terima Kasih sudah membaca 7 Tips Jitu Melawan Typo di Microsoft Word. Semoga Bermanfaat!