The History DIY Custom Mechanical Keyboard | Lily58 Split Keyboard- Kuasai Teknologi

Hello sobat DIY, kali ini admin akan berbagi pengalaman mengenai DIY Custom Mechanical Keyboard jadi sebenarnya awal mulai nimbrung di mechanical keyboard kemarin akhir bulan puasa 2020, pada saat itu ada teman biasa saya panggil bang dayat namanya yang post foto di grub telegram dengan niat menyumbangkan sebuah Mechanical Keyboard dengan type VX7(Vortex Series 7) jadi pada saat itu saya tertarik dengan keyboard yang disumbangkan teman dengan catatan keyboard tersebut butuh keycaps supaya bisa digunakan jadi teman itu merekomendasikan untuk membeli keycaps DA Gaming(Digital Alien Gaming) kebetulan ada dijual bekas dengan harga 100K dan puji syukur alhamdulillah keyboardnya masih awet sampai sekarang dan proses upgrade case.

Vortex Series 7
Vortex Series 7

sebelum terjun ke DIY/membuat custom keyboard pada saat menggunakan VX7 sebelumnya first impression pada saat menggunakan mechanical keyboard tampil beda dari keyboard yang lain dimana sebelumnya mechanical keyboard sekilas cuma dengar nama dari beberapa teman kaloq keyboard itu untuk kalangan elit gitu tetapi pada saat sudah mengetahui lebih dalam dunia perkeyboardtan akhirnya memutuskan untuk DIY mechanical keyboard kebetulan diajak build bareng sama teman yang memberi VX7.

jadi jarak memulai menggunakan VX7 dengan DIY itu sekitar 2 minggu sempat menggunakan VX7 selama 2 minggu untuk menikmati bagai mana rasanya menggunakan mechanical keyboard ternyata nyaman sesuai selera tangan, dan baru menycoba terjun ke build custom mechanical keyboard kebetulan searah dengan jurusan kuliah ambil Elektro dan SMK juga Elektronika jadi pengalaman terjun langsung ke build keyboard gak terasa sulit gitu.

pada awal mulai build keyboard kami memutuskan langsung untuk build keyboard model split/terpisah yitu Lily58 namanya dimana Lily58 ini ditemukan oleh orang jepang jadi pada awal mulai kami terkendala karena jalur pcb atau jalur komponen (schema) yang digunakan itu multi layer/jalur bawah atas untuk menghubungkan komponen 1 dengan yang lain, sedangkan pengalaman dari SMK sebatas rancang 1 layer oleh karena itu saya dan teman itu memutuskan untuk memberanikan diri mengubah/translate dari multilayer menuju single layer jadi saya sendiri mencoba translate dan teman itu me review hasil translate yang saya sudah kerjakan sekaligus riset model jalur pcbnya.

dalam proses riset sekaligus translate multi layer ke single layer itu kurang lebih menghabiskan waktu sekitar 1 minggu jadi star mulai hari jum'at dan pas hari sabtu kebetulan ada jadwal liburan remaja teman rumah ke 3 pantai gili dan camp 1 malam disana, pada saat itu juga saya memutuskan membawa laptop supaya riset/proses translate tetap berjalan.


sambil menikmati suasana pantai akhirnya progres translate sudah mencapai sekitar 50% itu untuk split yang sebelah kanan, belum lagi untuk yang sebelah kiri, setelah beberapa hari kemudian kami mulai membeli perlengkapan di toko elektronika terdekat buat persiapan build seperti PCB, dioda, resistor, jack TRRS, reset button, dan barang yang tidak ada dijual disan kita memutuskan untuk beli online seperti pro micro, port TRRS, baut, oled. karena peralatan build minim seperti solder dll akhirnya bertamu kerumah teman biasa saya panggil bang rizal, tempat biasa rakit" barang elektronika dan IoT.

jadi singkat cerita selama 1 minggu itu seluk beluk keyboard Lily58 ini kami berdua dapat banyak ilmu pengetahuan dari proses translate yang multi layer menjadi single layer dan pada akhirnya bang rizal biasa build multi layer pcb jadi hasil riset 1 minggu sekilas terbuang jauh setelah melihat hasil teman yang mencoba menyederhanakan multi layer yang dibuat orang jepang tersebut. 

PCB design by bang Rizal for LombokGeeks(grub telegram)

tetapi kami berdua tetap semangat walaupun hasil riset 1 minggu itu tidak kita gunakan jadi kita berfokus dengan hasil yang sudah disederhanakan oleh teman tersebut dan setelah proses penyederhanaan selesai kita mencoba untuk mencetak lubangnya terlebih dahulu dengan alat CNC kebetulan teman itu mempunyai alat tersebut.

Pada saat proses cetak menggunakan CNC tersebut ada beberapa kesalahan yang dialami yaitu beberapa mata bor patah buat ngelubangin karena baru pertama kali mengetahi cara penggunaannya dan singkat cerita proses cetak menggunakan CNC selesai.

selanjutnya masuk tahap cetak jalur komponen multi layer yaitu pertama kita mencetak jalurnya terlebih dahulu menggunakan printer HP laser jet dengan kertas foto, karena tinta printer ini berbeda dari tinta printer lainnya. setelah proses cetak selsesai kemudian kertas foto itu kita tempelkan pada PCB fiber double layer kemudian di panasin kertas fotonya dngan setrika supaya tinta yang ada pada kertas foto tersebut berpindah ke papan PCB, nah pas setrika pertama gagal/rusak karena ada beberapa jalur yang tidak nempel pada pcb.

selanjutnya proses cetak kedua menggunakan setrika dan al hasil berhasil dengan sempurna jalur" komponen nempel semua dan berita anehnya saya salah cetak layout yang sebenarnya untuk design jalur pcb bawah saya tempel di pcb bagian atas jadi kebalik dan eksperiment dinyatakan gagal/rusak.

proses selanjutnya percobaan setrika ke tiga dan al hasil berhasil tetapi dengan catatan ada beberapa jalur rusak dan bisa di akalin dengan tinta sepidol permanent. kemudian lanjut ke setrika bagian bawahnya juga al hasil berhasil jadi terlihat hasil kerja keras proses cetak selam 3x berulang, tetapi itu baru setengahnya.

setelah proses setrika selesai kemudian kita lanjutkan dengan melarut PCB dan karena bahan kimia yang digunakan untuk larutan pcb ini sudah lama jadi proses melarut itu menghabiskan waktu sekitar 6 jam kebayangkan 6 jam menunggu dengan pikiran yang penasaran bagai mana hasil kahirnya.

lily58 pcb design

jadi star larut dari jam 1 malam sampai jam 6 pagi dalam proses menunggu saya browsing" supaya tidak tidur dan selesai dengan sesuai yang di inginkan kemudian lanjut lagi proses larut lagi untuk sebelah kiri, karena jalur pcb hasil design sebelah kanan tidak bisa di mirror untuk sebelah kiri jadinya perlu proses buat jalur lagi supaya bisa digunakan tetapi sebelumnya karena sudah cetak bolongan menggunakan CNC jadi untuk yang sebelah kiri ini saya design jalurnya menggunakan spidol permanet yang ada.

lily58 pcb design

kemudian dilanjut lagi proses pelarutan pcb yang tadi dan star dari jam 6 smpai jam 10 pagi smbil ditinggal tidur dan pada saat bangun ternyata belum kelar juga hasil pelarutannya.

jadi hasil dari desing multi layer sampai pelarutan pcb menghabiskan waktu sekitar 3 hari start mulai dari setelah jum'at sampai hari minggu siang dan al hasil eksperiment yang berhasil cuma 1 pasang dari 2 pasang yang diharapkan. 

kemudian lanjut lagi pada hari senin dan memutuskan untuk membeli pelarut pcb bahan kimia yang mirip seperti batu bara kemudian lanjut pelarutan dirumah bang dayat dan 1 menit langsung kelar proses pelarutan jadi dari 11 jam pelarutan sebelumnya bisa kelar dalam 1 menit dengan catatan pelarut sebelumya menggunakan bahan kimia cair yang sudah lama.

setelah pelarutan selesai kemudian lanjut lagi dengan menghubungkan jalur pcb dari buttom layer ke top layer menggunakan beberapa urat kabel, proses ini menghabiskan waktu 1 setengah hari dan dilajut lagi dengan solder komponen seperti dioda, dll. dan singkat cerita sebelah kanan menggunakan jalur pcb dan sebelah kiri menggunakan pcb hanweiring jadi jalurnya dibuat manual dengan kabel, 

karena proses build 1 pasang keyboard lily58 ini butuh perjuangan seperti sebelumnya akhirnya bang dayat memutuskan untuk build persi handwiring karena menunggu design sebelah kiri mesti dibuat dari awal dan pada akhirnya lebih cepat selesai handwiring dibanding proses yang saya kerjakan seperti sambung kabel antara buttom layer dan top layer untuk sebelah kanan, dilanjut lagi dengan pcb wiring sebelah kanan.

pada saat sudah selesai kemudian lanjut lagi proses flash firmware nya menggunakan Qmk_firmware dan al hasil sebelah kanan pada jalur row 2 bermasalah, jadi sudah kebayangkan proses build ke pcb sebelumnya menghabiskan 3 hari belum lagi lika liku menunggu pcb larut 11 jam, dan pada akhirnya hasil row 2 tidak berfungsi dengan baik, singkat cerita akhirnya memutuskan bongkar lagi dan larut semya jalur supaya bisa pcb wiring dan singkat cerita berjalan dengan normal dan hasil pcb wiring versi saya dan hanwiring versi bang dayat untuk keyboard Lily58 seperti gambar dibawah ini.

Lily58 custom mechanical keyboard by bang dayat

Lily58 custom mechanical keyboard by bang anwar

jadi keyboard yang sudah di build ini dalam tahap proses upgrade to the next version untuk anda yang tertarik build keyboard pribadi mari dicoba karena tidak ada salahnya untuk mencoba wawasan baru yang bermanfaat untuk kita sendiri atau yang bermanfaat bagi banyak orang jika serius untuk di produksi.

pengalaman yang kami dapatkan dari DIY custom mechanical keyboard ini banyak sekali dari model kerja keyboard, jalur" pro micro, cutsom key keyboard dll. dan yang paling lain dari yang lain custom keyboard mechanical ini kita bisa mengatur fungsi tombol sesuai selera tangan kita dan sesai selera kita jadi 1 tombol bisa kita kasih fungsi jadi 4 buat delete, sepasi, enter, caps lock juga bisa inilah yang disebut keyboard pribadi karena belum tentu orang lain sama selera tanganmu setelah menggunakan keyboard ini. jadi perjuangan  dari build custom keyboard ini membuka pintu untuk semua jenis keyboard yang mau di build terasa mudah bagi yang sudah mencoba build dari 0.

sakian dulu ulasan mengenai The History DIY Custom Mechanical Keyboard kali ini semoga yang baca dapat wawasan juga mengenai how to build custom keyboard dan semoga bermanfaat adapun link tutorial dari segi teknikal kunjungi link dibawah ini.

UNK build by herpiko: https://github.com/herpiko/unk

last TULISAN INI DARI KEYBOARD LILY58 MECHNICAL KEYBOARD

Terima Kasih sudah membaca The History DIY Custom Mechanical Keyboard | Lily58 Split Keyboard. Semoga Bermanfaat!