Pengenalan Bahasa Pemrograman DART- Kuasai Teknologi

Pengenalan Bahasa Pemrograman DART

  1. Kuasai Teknologi
  2. Pemrograman

About Dart



Dart merupakan bahasa pemrograman general-pupose yang dirancang oleh Lars Bak dan Kasper Lund dan dikembangkan oleh Google. Bahasa ini dirancang untuk mempermudah developer untuk mengembangkan app nya untuk disegala platform/multiplatform.

Dart salah satu bahasa pemrograman dengan menggunakan gaya pemrograman bersifat OOP (Object Oriented Programming). Dart sendiri menggunakan gaya sintaks bahasa C yang dikompile ke dalam bahasa javascript.

Baca Juga: Mengenal Unit Test, Widget Test, Integration Test


Why Choose Dart


1. Optimasi UI

Dart memang di kembangkan dengan bahasa pemrograman yang di khususkan untuk pembuatan antarmuka pengguna atau juga disebut UI. Dan pada bahas ini sangat mudah dipelajari dengan sintaks yang familiar dengan bahasa pemrograman lainnya.

2. Produktif Development

Di Dart mempunyai fitur yang namanya Hot Reload yang fungsinya untuk merload / merefresh output secara instant tanpa mengulangi proses debug ulang saat aplikasi berjalan. Dan fitur ini sangat bermanfaat bagi para developer untuk memanfaatkan waktu semaksimal mungkin karna tanpa harus debug ulang yang prosesnya bisa memakan waktu lumayan.

3. Cepat di Semua Platform

Dart bisa suport di multiplatform misal ARM, ARM 64 untuk mobile, Desktop dan Backend, atau kompile dengan JavaScript untuk Web. Dart ini mengkompile aplikasi sesuai dengan Engine murni sesuai starup instant.

Macam - Macam Platform yang dibuat dengan Dart

Pada bahasa pemgrograman Dart memungkinkan anda dapat menggunakan kode-kode sederhana ataupun aplikasi yang berfitur lengkap, baik pada platform mobile, web, command line script, dan aplikasi aplikasi pada platform server.

Teknologi kompiler pada dart sangat flexible tergantung anda menargetkan ke sasaran platform apa. dan berikut sasaran platform kompiler pada Dart:

1. Dart Native (VM JIT dan AOT)

Pada Dart Native ini untuk target platform/perangkat seperti mobile/seluler, desktop, web, server dan lainnya.

Beberapa tahun lalu Google telah merilis teknologi baru yaitu Flutter yang fungsinya untuk membuat aplikasi multi-platform dengan UI toolkit yang popular dengan menargetkan build secara native baik mobile atau desktop.

  • Alur Kerja Dart VM JIT Dart VM memiliki kompiler just-in-time(JIT) yang mendukung interpretasi murni (seperti yang diperlukan pada IOS) dan optimasi runtiem.
  • Optimasi Kode Dart AOT Pada saat aplikasi digunakan untuk produksi, apakah anda mempublikasikan aplikasimu ke Play Store/App Store, anda dapat menggunakan kompiler AOT ini untuk kompile ke aplikasi ARM dan ARM 64. Aplikasi yang di kompile dari AOT sangat lancar dan cepat.

2. Dart Web (JavaScript)

Pada Dart Web memungkinkan anda menjalankan platform web yang digukung oleh JavaScript dengan Dart Web. Jadi pada Dart akan dikompile ke dalam bahasa JavaScript yang dimengerti oleh browser umumnya.

Dan sekarang Flutter juga support ke web platform.
  • Alur Kerja Development yang cepat (Dart Dev Compiler) Dart dev Compiler atau dartdevc adalah kompiler Dart ke JavaScript yang dioptimalkan. Anda dapat menggunakan webdev, sebagai alat yang mendukung tugas seperti me run, debug dan development.
  • Code Produkso yang doptimalkan (Kompiler Dart JS) Dart Js atau dart2js yaitu suatu alat kompile pada bahasa Dart untuk mengkonversikan ke JavaScript.

Memulai membuat program pertama dengan Dart

Pada bahasa pemrograman Dart init sintaks hampir sama dengan C++, C#, Java, dan JavaScript. Jika anda sebelumnya sudah pernah mempelajari bahasa pemrograman lain. pasti tidak asing lagi dengan sintaks pada Dart. Berikut contoh kode sederhana dan kode pertama dengan Dart:


  main(){
	print("Hello, World!");
  }
  
  

jika kode tersebut dijalankan maka akan menghasilkan output berikut:


Hello, World!
    
    

Untuk Anda yang inin mencoba membuat program pertama dengan menggunakan Dart dan tanpa harus menginstalnya silahkan ke Try Dart untuk mencoba dengan bahasa Dart.

Sekian pembahasan tentang pengenalan bahasa pemrograman dart, jika anda masih kebingungan silahkan tinggalkan jejak di form bawah ini. Terimakasih telah berkungjung

Terima Kasih sudah membaca Pengenalan Bahasa Pemrograman DART. Semoga Bermanfaat!