30 Langkah Aman Optimasi SEO (Search Engine Optimization) 2020- Kuasai Teknologi
Pada 2018, Google memperbaharui regulasinya dengan mengikutsertakan kecepatan loading di perangkat mobile sebagai indikator SEO. Jadi kecepatan website, baik di perangkat dekstop meupun mobile, akan dinilai Google untuk menentukan peringkat di hasil pencarian.

Delapan Faktor utama tersebut bisa berubah kapan saja mengikuti update algoritma Google. Jadi anda harus selalu mengikuti perkembangan yang dirilis Google agar bisa menyesuaikan komponen-komponen SEO anda dengan algoritma terbaru.
Ada 30 Langkah Canggih Optimasi SEO 2020
Ada 30 Langkah Canggih Optimasi SEO 2020
Selain delapan indikator utama tersebut, masih ada berbagai indikator yang menentukan kualitas SEO. Diperlukan berbagai langkah optimasi untuk bisa memenuhi semua indikator penilaian SEO. Di artikel ini akan dijelaskan 30 langkah optimasi SEO, termasuk mengoptimasi delapan faktor utama di atas.

1. Install Plugin SEO Yoast

Memasang plugin Yoast SEO adalah langkah bijak untuk memulai rangkaian optimasi SEO yang panjang, Yoas Seo menyediakan berbagai fitur untuk meningkatkan kulasitas SEO website anda.

Beberapa fitur urama Yoast SEO adalah mengubah title tag dan meta description, submit XML Sitemap, mengubah permalink, verfikasi Google Webmaster Tools, dan menganalisis konten anda. Analisis kontent andalah fitur paling menarik dari Yoas SEO. Fitur ini akan mengingatkan anda jika ada konten anda belum sesuai dengan kaidah SEO yang benar.

Yoast SEO memberikan analisis untuk penggunaan subheading, panjang kalimat, hingga panjang artikel. Anda tidak perlu mengecek kelengkapan konten secara manual sehingga proses pembuatan kontent bisa lebih cepat diselesaikan.

2. Pasang Google Analytics

Selain memasang google Search Console, anda juga perlu memasang Google Analytics. Google Search Console dan Google Analytics fungsi yang berbeda. Fungsi utama Google Search Console adalah untuk memeriksa performa website di hail pencarian, sedangkan fungsi utama Google Analytics adalah untuk mengidentifikasi perilaku pengunjung website.

Dengan Google Analutics, anda bisa mengetahui pergerakan pengunjung dari halaman pertama yang mereka kunjungi sampai di halaman pertama yang mereka kunjungi sampai di halaman apa mereka menutup website anda. Selain itu, Google Analytics juga akan membantu anda mengetahui halaman mana yang paling banyak menghasilkan conversion dan mana yang kurang maksimal.

3. Daftar Google Bisnisku

Khusus bagi para pemilik bisnis, mendaftarkan bisnis di google Bisnisku adalah sebuah kewajiban. google Bisnisku adlah fitur untuk pemilik bisnis yang berguna untuk mempermudah calon konsumen untuk mengetahui informasi lengkap bisnisnya. Dari nama bisnis, alaman perusahaan, nomor telepon perusahaan, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, foto kantor, hingga review pelanggan.

Mungkin Anda bertanya-tannya, apa hubungan google Bisnisku dengan SEO? Dengan Google Bisnisku, visibilitas bisnis anda akan semakin meningkat, terutama di hasil pencarian lokal karena Google mengutamakan bisnis yang terdaftar di Google Bsisnisku. Menurut Moz, Google bisnisku menjadi penyumbang trafik terbesar untuk SEO lokal pada 2007.

4. Tambahkan Website di Google Search Console

30 Langkah Canggih Optimasi SEO (Search Engine Optimization) 2020

Google Search Console (sebelumnya dikenal sebagai Google Webmaster Tools) adalah platform gratis bagi para pemilik websitr untuk menemonitor bagaimana kinerja website di ranah organik Google. Google Search Console memungkinkan anda untuk mengetahui domain yang memberikan link ke website anda (referring domain), kinerja website di perangkat mobile, hingga analisis halaman website dengan trafik tertinggi.

Berikut adalah cara menambahkan website ke Google Search Console:
  1.  Login Akun Google
  2. Buka Webmaster Tools
  3. Klik add Property
  4. Pilih Website
  5. Pilih Website" dai menu drop-down dan masukkan URL website anda. pastikan anda menuliskan URL yang sama persis dengan URL yang muncul di browser.
  6. Klik Continue
  7. Pilih Cara Verfikasi, Google Search Console menyediakan beberapa cara untuk verfikasi website, dari upload file HTML, penyedia nama domain, HTML tag, atau kode tracking Google Analytics. Pilih salah satu yang anda inginkan.
  8. Tambahkan Domain secara terpisah jika website anda sudah mendukung versi http:// dan https://, tambahkan keduanya secara terpisah.

5. Tingkatkan Kecepatan Website

Salah satu hal yang paling dibenci oleh para pengunjung website adalah loading lambat. Loading website yang lama membuat pengunjung website jadi jengkel dan akhirnya mencari website lain yang bisa memberikan informasi lebih cepat.

Sebagus apapun konten yang anda buat, pengunjung website tidak mempunyai toleransi untuk loading lambat. Menurut riset Google, 53 persen pengguna internet Indonesia meninggalkan website yang loadingnya lebih dari 3 detik. Selain itu, berdasarkan survey KissMetric, 79 persen pengujung tidak akan kembali mengunjungi website yang mereka anggap lama loadingnya.

Semakin lambat loading website, semakin banyak pengujung yang akan meninggalkan website anda. Akibatnya bounce rate anda meningkat. Brounce rate yang tinggi adalah sinyal kepada Google kalau halaman tersebut memberikan user experince bukuk kepada pengujungnya. Jadi meningkatkan kecepatan website bukan lagi pilihan melainkan kewajiban.

Dengan menggunakan customize website performa speed loading website menjadi lebih cepat dibandingkan website yang menggunakan template. oleh karena itu anda perlu membuat website ke pakar jasa pembuatan website seperti jasa website mataran atau jasa pembuatan website di lombok.

6. Optimasi Permalink

Website dengan struktur yang baik akan lebih mudah diidentifikasi oleh Google. Saat melakukan proses pencarian, google akan mengidentifikasi struktur website melalui permalink. Permalink adalah tautan URL yang untuk membuka sebuah halaman website.

7. Optimasi untuk Perangkat Mobile

Pada artikel 8 Indikator SEO 2020 sudah disinggung sekilas mengenai kecepatan loading website di perangkat mobile sebagai indikator SEO terbaru. Pada 2018 Google secara resmi merilis algoritma Google Mobile First Index.

jika sebelumnya Google menentukan ranking berdasarkan performa website di versi desktop, dengan Google Mobile First Index, kini google menilai performa melalui crawling website versi mobile. Artinya performa website yang buruk di versi mobile akan berpengaruh buruk terhadap penilain SEO anda.

Sayangnya masih banyak pemilik website yang belum sadar akan pentingnya prforma website di perangkat mobile. Pada 2017, baru 21 persen pemilik website bisnis online yang sudah mengoptimasi website menjadi mobile friendly. Padahal sumber trafik terbesar saat ini adalah perangkat mobile. Di Indonesia saja 94 persen pengguna internet mengakses internet melalui perangkat mobile.

Agar performa website meningkat di perangkat mobile, anda memerlukan tema WordPress yang mobile friendly. Sayangnya, tidak semua tema workPress beroprasi maksimal di smartphone. Anda harus mengubahnya menjadi mobile friendly secara manual. Namun anda tidak perluu khawatir karena tersedia banyak plugin yang bisa mengubah tema WordPress menjadi mobile friendly.

8. Buat Sitemap XML dan HTML

Sitemap adalah daftar berisi semua halaman website yang dapat diaskes oleh pengujung dan mesin pencari. Dengan adanya sitemap, website anda akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari dan lebih cepat terindeks. Sitemap juga akan memberitahu mesin pencari ketika terjadi perubahan struktur di website.

Terdapat dua jenis sitemap, yaitu sitemap XML dan sitemap HTML. Sitemap XML adalah sitemap yang diakses oleh mesin pencari, sedangkan sitemap HTML yang diakses oleh pengunjung.

9. Install SSL

Sertifikat SSL atau yang lebih dikenal dengan SSl adalah singkatan dari Secure Socket Layer. Jika anda memasang SSL di website, URL website akan berubah dari yang sebelumnya HTTP menjadi HTTPS. Tujuan utama pamasangan SSL adalah sebagai pengaman pertukaran data yang terjadi melalui jaringan internet.

Seperti yang sudah saya jelaskan di artikel 8 Indikator utama SEO 2018 salah satu indikator utama SEo terbaru adalah keamanan domain. Algoritma Google mengutamakan domain HTTPS dibandingkan domain HTTP. Selain itu, Google Chrome juga mengaggap domain HTTP bukan domain yang aman untuk memasukkan informasi penting seperti email, password, dan rekening.

Supaya dianggap aman oleh google, anda harus menginstall SSL di website anda baik dari gratis maupun berbayar.

10. Riset Keyword

30 Langkah Canggih Optimasi SEO (Search Engine Optimization) 2020

Tidak melakukan riset keyword sebelum membuat konten adalah kesalahan fatal bagi pemilik website dan blog. Riset keyword akan membantu anda menemukan kata kunci yang relevan bagi pembaca. Terdapat berbagai tool riset keyword yang bisa anda gunakan dari UberSuggest, Google Trends, KWFinder, MOZ, sampai Ahrefs.

Dalam riset keyword, ada lima indikator riset keyword yang perlu anda perhatikan, yaitu colume pencarian, tingkat kesulitan keyword, saran kata kunci, SERP, dan search intent. Pertama vlume pencarian adalah banyaknya pencarian sebuah kata kunci dalam kurun waktu tertentu. Kedua tingkat kesulitan keyword menunjukkan tingkat kesulitan sebuah kata kunci untuk berada di halaman pertama hasil pencarian.

Ketiga, saran kata kunci adalah kumpulan kata yang berkaitan dengan kata kunci yang anda riset. Keempat SERP atau Search Engine REsult Page menunjukkan halaman-halaman yang menduduki 10 peringkat teratas di hasil pencarian kata lain yang anda riset. Terakhir, search intent adalah maksud yang diinginkan pencari untuk sebuah kata kunci. Satu kata kunci bisa memiliki lebih dari satu interprestasi dan google mengutamakan interprestasi yang sesuai dengan keinginan pencari.

Seperti contoh di artikel 8 Indikator SEO 2020, kata kunci "big bang theory" bermakna dua hal yang berbeda. Alan tetapi karena mayoritas pencari bermaksud mencari televisi The Big Bang Theory, google mengutamakan konten yang membahas serial TV tersebut dibandingkan teori sains Big Bang Theory.

Contoh di atas adalah contoh search intent dai informational keyword yakni jenis keyword yang mengantarkan pembaca kepada konten yang memberikan penjelasan lengkap mengenai satu topik. Masih terdapat tiga jenis keyword lain berdasarkan search intentnya, yaitu navigational keyword commercial investigation keyword dan transactional keyword.

Pertama navigation keyword adalah kata kucni yang biasanya langsung mengarah ke merek tertentu. Misalnya, kata kunci seperti facebook, twitter, youtube atau instagram. Ketika mengetik kata kunci tersebut pengguna inin langsung diarahkan ke website resmi merek tersebut, bukan diarahkan ke penjelasan mengenai sejarah merek-merek tersebut.

Kedua commercial investigation keyword adalah kata kunci yang digunakan pencari untuk mendapatkan informasi mengenai perbandingan produk dari beberapa merek. Contoohnya adalah kata kunci seperti sepatu terbaik, smartphone gaming terbaik, laptop gaming terbaik atau mouse terbaik. Ketika mencari kata kunci tersebut pengguna ingin melakukan perbandingan kelebihan dan kelemahan dari masing-masing merek.

Keempat, trancational keyword adalah kata kunci yang digunakan pencari ketika mereka sudah di false pembelian atau transaksi. Biasanya pencari menggunakan kata kunci yang menunjukkan transaksi seperti beli atau murah. Contohnya beli laptop, beli domain atau beli smartphone.

11. Targetkan Long Tail Keyword

Terdapat dua jenis kata kunci berdasarkan jumlah kata di dalamnya, yaitu short tail keyword dan long tail keyword. Short tail keyword adalah kata kunci yang terdiri dari satu atau dua kata seperti membuat blog dan membuat website. Di sisi lain, long tail keyword adalah kata kunci yang terdiri dari tiga kata atau lebih seperti cara membuat blog dengan WordPress  dan cara membuat blog dengan Blogger. Volume pencarian long tail keyword cendrung lebih kecil dibandingkan short tail keyword. Namun, long tail keyword lebih efektif untuk mendatangkan trafik. Menurut Neil Patel, long tail Keyword mendatangkan trafik 70 persen lebih tinggi daibandingkan short tail keyword.

12. Optimasi Heading

Ketika sudah menulis artikel 2000 kata, coba posisikan diri anda sebagai pembaca. Apakah membaca artikel sepanjang itu mudah? Bagaimana menemukan poin-poin utama di antara ribuat kata? Tentu sulit, bukan? Seperti mencari jarum dalam tumpukan jerami.

Pembaca tidak perlu menghadapi kesulitan itu jika anda memanfaatkan heading. WordPress menyediakan fitur Heading untuk memberi penekanan pada poin-poin tertentu dalam sebuah artikel. Heading membantu pembaca untuk menemukan garis besar atau pokok bahasan dalam artikel yang dibacanya.

Tidak hanya menguntungkan pembaca, heading juga membantu mesin pencari memahami konten yang Anda tulis. Heading memudahkan bot untuk melakukan crawling di konten anda dan melihat heading sebagai pokok bahasan artikel.

WordPress sudah menyediakan fitur heading sejak lama di editornya. Di versi editor Guttenberg, anda bisa menemukan fitur heading di sebelahkan kanan blok.

Kemudian pilih jenis heading yang anda inginkan, H2, H3, atau H4. Sebaiknya gunakan H2 untuk poin utama konten anda. Pastikan anda memasukkan fokus keyword di H2 heading jenis H3 dan H4 bisa anda gunakan untuk menjelaskan turunan topik dari H2.

13. Optimasi SEO Gambar

30 Langkah Canggih Optimasi SEO (Search Engine Optimization) 2020

Selain mengoptimasi gambar, ada beberapa hal yang perlu anda lakukan agar gambar yang diunggah lebih SEO Friendly.

1. Optimasi Image Title Text

Image title text akan muncul ketika pengunjung mengarahkan kursornya ke gambar tersebut. Meskipun tidak terlalu penting untuk SEO, trik ini bisa meningkatkan kualitas pengalaman pengunjung.

Untuk mengubah title tersebut, klik gambar yang sudah anda unggah di post lalu akan muncul ikon pensil yang akan mengarahkan anda untuk mengedit gambar.

Setelah itu, di pilihan Advenced Option, anda bisa mengubah image title text pada kolom Image Title Atrribute.

2. Ubah Alt Text

Alt text gambar memberikan indikator kepada Google tentang apa laman tersebut. Dengan begitu gambar tersebut akan lebih mudah untuk muncul dihasil pencarian gambar Google.

Jika Anda menuggah beberapa gambar dalam satu posting, alt text gambar pertama harus mengandung fokusfocus keyword yang ditargetkan. Gambar-gambar selain itu bisa menggunakan alt text yang masih mengandung focus keyword, tetapi dengan variasi yang masih relevan.

Untuk mengubah alt text gambar, kembali klik ikon pensil pada gambar yang diunggah sehingga muncul Image Details. Kemudian masukkan focus keyword atau kata kunci yang masih relevan di kolom Alternative Text.

3. Gunakan Nama File yang Sesuai

Sebaiknya jangan menamai file gambar dengan asal asalan. Buatlah nama file gambar yang mengandung focus keyword yang anda targetkan.

Nama file gambar bisa membantu gambar tersebut untuk muncul di Google Image Search yang bisa menjadi salah satu sumber trafik.

Oleh karena itu, sebelum menggunggahnya ke WordPress sebaliknya ubah nama file gmbar anda sesuai dengan focus keyword.

Selain itu, jangan lupa untuk memakai tanda penghubung antar kata di nama file tersebut. Hal ini agar Google membacanya sebagai spasi. Jika tidak menggunakan tanda penghubung, nama file gambar tersebut tidak akan terbaca sebagai kata-kata yang terpisah.

14. Buat Evergreen Content


Evergreen content adalah jenis konten yang tahan lama tidak mudah basi. Setiap nice pasti punya evergreen contentnya masing-masing. Jenis kontent ini biasanya memiliki tren pencarian yang stabil, orang-orang selalu mencari konten seperti ini. Misalnya, di nice teknologi, pengertian website merupakan salah satu topik yang tren pencariannya selalu stabil selama bertahun-tahun.


Anda bisa menggunakan Google Trends untuk mengecek tren sebuah kata kunci. Google Trends memungkinkan anda untuk mengetahui tren kata kunci hingga 5 tahun terakhir. Kata kunci untuk evergreen content biasanya tetap dicari setiap bulannya. Meskipun terkadang mengalami penurunan volume pencarian, kata kunci untuk evengreen content cendrung menunjukkan tren kenaikan atau setidaknya stagnan.

15 Atur Link Menjadi Open in New Tab

Platform seperti WordPress secara otomatis mengatur pembaca untuk membuka link di tab yang sama dengan halaman yang sedang dibuka. Sayangnya, hal tersebut akan merusak pengalaman pembaca karena mereka perlu menekan tombol back untuk kembali ke halaman pertama. Bayangkan, jika pembaca membuka lima tautan di sebuah artikel, mereka perlu menekan tombol back berkali-kali untuk kembali ke halaman awal. Tertentu hal itu melelahkan bagi pembaca dan merugikan anda karena exit rate semakin tinggi yang artinya brounce rate juga ikut naik.

Oleh karena itu, anda perlu mengerahkan pembaca blog/website ke tab baru ketika mengklik sebuah tautan di artikel. Dengan begitu pembaca tidak perlu menekan tombol back berkali-kali untuk kembali ke halaman pertama.

16. Gunakan LSI Keyword

Dari riset keyword anda akan mendapatkan banyak kata kunci untuk ide artikel anda. Namun seringkali tool riset keyword memberikan kata kunci kaku dengan variasi yang terbatas. Sistem yang digunakan tool riset keyword biasanya menyeramkan beberapa kata kunci yang serupa menjadi satu kata kunci. Akibatnya variasi kata kuncinya terbatas.

Padahal tidak semua orang menggunaka satu kata kunci yang sama persis ketika mencari sebuah topik. Orang-orang menggunakan berbagai macam variasi kata kunci untuk mencari topik tertentu. Anda perlu mengetahui variasi kata kunci tersebut agar artikel anda menjadi lebih manusiawi.

Variasi kata kunci itu disebut sebagai LSI Keyword. LSI adalah kependekan dari Latent Semantic Indexing (Indeksasi Semantik Laten). LSI Keyword merupakan kumpulan kata kunci yang ditemukan di satu topik tertentu dan saling berhubungan secara semantik untuk menemukan kata kuncitersebut. 

17. Maksimalkan Internal Link dan External Link

Internal link adalah link dari satu halaman ke halaman lain dalam satu website yang sama. Internal link membantu mesin pencari memahami konteks dan hubungan antara halaman di website. Google mengutamakan website yang kontennya saling berhubungan dan anda bisa menunjukkan hubungan antara konten itu melalui internal link.

Internal link secara tidak langsung juga membantu meningkatkan waktu yang dihabiskan pengunjung di website/blog anda. Dengan adanya internal link, pengunjung akan lebih mudah berpindah ke halaman lain dalam website untuk membaca konten yang berhubungan dengan konten sebelumnya. Namun perlu diingat juga bahwa internal link harus mengubungkan konten yang benar-benar saling berhubungan.

Selain internal link, anda juga perlu menambahkan external link ke website berkuallitas di konten anda. Misalnya anda ingin menguntip satu data dari website lain, tambahan link website tersebut di kontent anda sebagai external link menguntio dari sumber terpercaya menunjukkan profesionalitas anda dalam membuat konten dan ini merupakan sinyal balik bagi pembaca.

18. Optimasi Ukuran Gambar

30 Langkah Canggih Optimasi SEO (Search Engine Optimization) 2020

Menambahkan gambar ke konten website/blog adalah langkah bagus agar pengunjung tidak bosan dengan teks. Selain itu, gambar juga dapat membantu pengunjung untuk memahami konten anda, Namun, anda juga perlu mengoptimasi gambar yang anda unggah supaya tidak memperlambat loading website atau blog.

Ada berbagai layanan kompresor gambar yang bisa anda gunakan untuk mengecilkan ukuran gambar tanpa merusak kualitasnya. beberapa di antaranya adalah TinyPNG, ILoveIMG, Trimage, Kraken dan OptiPNG.

WordPress juga menyediakan berbagai plugin untuk membantu anda menyelesaikan masalah optimasi gambar. Berapa plugin yang bisa anda gunakan adalah Imagify Image Optimizer, ShortPixel Image Optimizer, WP Smush, dan Optimus Image Optimizer.

19. Buat Konten yang Lengkap dan Solutif

Google menilai kelengkapan satu konten dari kuantitas dan kualitasnya. Kuantitas artikel dilihat dari panjang artikel. Google menilai artikel paling sebagai artikel yang lengkap dan bisa menjawab pertanyaan para pencari.

Berapa panjang artikel yang harus anda tulis agar disukai oleh Google? Berdasarkan analisis Bcaklink.io, rata-rata panjang artikel blog yang muncul di halaman pertama hasil pencarian google adalah 1890 kata. Jadi usahakan panjang artikel blog anda berada di sekitar angka tersebut.

Selain kuantitas yang dinilai dari jumlah kata, artikel anda juga harus bagus secara kualitas. Kualitas sebuah artikel dinilai dari kemampuannya menjawab ertanyaan pencari. Jika anda sudah menulis artikel lebih dari 2000 kata dan masih susah untuk naik ke peringkat pertama, mungkin masalahnya terletak pada konten yang kurang dolutif. Jangan sampai anda menulis artikel 2000 kata yang isinya hanya basa basi dan tidak memberikan solusi yang dibutuhkan pencari.

Ingat, panjang artikel 1890 kata adalah rata-rata, bukan angka mutlak. Anda bisa menulis artikel kurang 1890 kata atau lebih dari itu. Sesuaikan panjang artikel dengan konteks topik yang sedang anda bahas. Jika 1000 kata sudah cukup menjelaskan topik secara lengkap dan detail, tidak perlu memaksakan topik secara lengkap dan detail, tidak perlu memaksakan untuk menambah jumlah kata sampai 1800 kata. lebih baik gunakan waktu anda untuk membuat infoografik atau vido untuk mendukung artikel.

20. Optimasi Title Tag dan Meta Description

Selain URL, Google akan menampilkan judul konten (title tag) dan ringkasan konten (meta description). Dua komponen ini berguna untuk membantu pembaca mengetahui secara sekilas apa yang akan mereka baca. Anda bisa mengedit dua komponen nilai melalui Yoast SEO.

Agar title tag dan meta description tampil maksimal, anda harus mengikuti aturan standar yang diterapkan Google, Panjang title tag yang ideal adalah 50 sampai 60 karakter. Lebih dari 60 karakter, title tag akan otomatis dipotong oleh Google, sedangkan untuk meta description paling idealnya adalah maksimal 130 karakter. Lebih dari 130 karakter, Google akan secara otomatis memotong meta description anda.

21. Tambahkan Infografik

Membaca teks panjang bisa menjadi aktivitas melelahkan bagi kebanyakan orang. Gambar atau foto saja terkadang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan visualisasi pembaca. Maka dari itu anda perlu memperkaya jenis konten visual di website/blog. Salah satunya adalah dengan menggunakan infografik.

Infografik membuat konten yang sulit menjadi lebih mudah dipahami pembaca. Selain itu infografik punya kemungkinan 3 kali lebih besar untuk dibagikan di media sosial dibandingkan gambar biasa. Dengan begitu, konten anda akan dibagikan secara sukarela oleh pembaca dan punya kemungkinan untuk viral dibandingkan konten tanpa infografik.

22. Tambahkan Video

30 Langkah Canggih Optimasi SEO (Search Engine Optimization) 2020

untuk bisa bersaing dengan kompetitor, anda dituntut untuk menulis artikel panjang sekitar 1900 kata, di sisi lain membaca artikel panjang juga menjadi pekerjaan berat bagi pengunjung website.

Jika menambahkan infografik atau ilustrasi menarik belum cukup efektif untuk membantu pembaca blog bertahan lebih lama, anda bisa menambahkan video. Video merupakan ara paling efektif untuk membuat pengunjung website betah membaca artikel panjang anda.

Semakin betah penunjung website membaca artikel anda, semakin baik kualitas SEO anda di penilaian Google. Artikel yang dilengkapi video memiliki kemungkinan 53 kali lebih besar untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian dibanding artikel tanpa video.

23. Pasang Plugin Social Media

Google memang tidak menganggap share di media sosial sebagai faktor utama SEO sampai saat ini. Analis google Webmaster, menyatakan share di media sosial seperti Facebook dan Twitter tidak berpengaruh terhadap kualitas SEO secara langsung.

Walaupun begitu, bukan berarti anda bisa mengabaikan share di media sosial. Meski tidak secara langsung berpengaruh terhadap SEO, media sosial bisa membantu anda membangun audiens baru mengingat tingginya pengguna media sosial di indonesia 87 persen dari 147 juta pengguna internet secara keseluruhan.

Di media sosial, anda bisa menjangkau pembaca baru melalui like, retweet, komentar, dan share  di media sosial. Misal satu artikel anda mendapatkan 50 like di facebook dan setiap orang yang menyukai artikel itu punya setidaknya 100 teman. Dalam skenario terbaiknya anda bisa menjangkau 5000 orang baru melalui Facebook saja.

Untuk mulai mempromosikan konten anda dia media sosial anda harus memudahkan pembaca berbagi media sosial di website anda dengan menyediakan tombol share di media sosial. Terdapat berbagai macam pilihan tombol share medial sosial yang dapat anda gunakan. Fitur yang ditawarkan setiap plugin pun berbeda-beda ada yang menyediakan paket lengkap dari tombol share media sosial hingga ikon media sosial.

24. Bangun Backlink Berkualitas 

Backlink masih menjadi salah satu indikator utama SEO tahun ini. Salah satu cara Google menilai kredibilitas sebuah website adalah dengan melihat backlink-nya. Banyak backlink menunjukkan website tersebut dijadikan sumber referensi oleh website lain. Selain itu backlink juga memudahkan Google untuk menemukan website anda.

Seperti ketika manusia menggunakan peta untuk menemukan lokasi-lokasi baru, mesin pencari Google menggunakan backlink untuk menemukan halaman baru, melakukan crawling di halaman tersebut, untuk kemudian memasukkannya ke ideks Google.

Coba pikirkan hal ini. Anda akan lebih mudah menemukan lokasi baru yang terhubung dengan lokasi lainnya, bukan? Lokasi terpencil yang tidak terhubung dengan lokasi lainnya akan lebih sulit ditemukan. Begitu juga dengan halaman website. Halaman website yang tidak mendapatkan backlink dari website lainnya akan sulit ditemukan oleh Google.

Walaupun begitu anda tidak bisa asal-asal dalam mencari backlink. Anda juga harus mempertimbangkan kualitas backlink karena backlink dari website tidak berkualitas bisa berpengaruh buruk terhadap reputasi website anda.

Selain itu, anda juga perlu mempertimbangkan relevansi website yang akan dijadikan sumber backlink dengan website/blog anda. Misalnya sebuah perusahaan smartphone dikatakan memiliki backlink relevan ketika mereka mendapatkan backlink dari website atau blog nya nicenya adalah teknologi atau semacamnya dengan begitu perusahaan smartphone tersebut bisa dianggap kredibel oleh Google.

25. Guest Post ke Website Berkualitas

Idealnya, orang-orang akan membaca konten anda lalu menjadikannya referensi dengan menempatkan tautan menuju website anda. Sayangnya, tidak banyak orang yang bersedia secara sukarela memberikan backlink. Mau tidak mau anda harus menjemput bola. Salah satunya caranya adalah dengan menjalin kerja sama guest post.

Guset post adalah menulis artikel bukan untuk diterbitkan di blog sendiri, melainkan di blog/website orang lain. Di artikel tersebut terdapat link yang mengarah ke blog/website anda. Metode ini cukup efektif untuk mendapatkan backlink berkualitas.

Supaya menghasilkan backlink berkualitas, anda perlu memilih dengan cermat website yang akan menerbirkan guest post anda. Pilihlah website atau blog yang kualitasnya jauh lebih baik dari anda baik dari segi trafik maupun domain rating. Anda bisa bekerja sama dengan blogger influencer atau media online untuk melakukan guest post.

26. Posting di Medium 

Selain menjalin kerja sama dengan blogger dan media online melalui guest post, anda juga bisa memanfaatkan platform medium untuk mendapatkan backlink berkualitas. Medium adalah platform community journalism dengan 60 juta pembaca setiap bulannya.

Medium memungkinkan anda untuk menerbitkan kembali (republish) konten website anda di platformnya dan memberikan canonical link. Canobical link berfungsi untuk memberi tahu msein pencari bahwa dua ontenn yang identik sebagai satu URL yang sama sehingga tidak akan merusak reputasi SEO website anda.

Selain fitur import, anda juga bisa menerbitkan konten baru yang masih berkaitan dengan website anda di medium dan meletakkan link ke salah satu konten di blog anda. meskipun hanya menyumbang link no-follow, cara kedua tetap layak anda coba untuk mempromosikan blog atau website anda. 

27. Manfaatkan Email Marketing

Kebanyakan orang merasa sudah cukup membagikan kontennya melalui media sosial. Padahal media sosial bukan satu-satunya platform untuk membagikan konten. Salah satu platform yang mungkin anda baikan adalah email marketing. Email marketing masih terbukti efektif untuk mendatangkan trafik. Menurut Conductor email marketing adalah kanal marketing paling efektif menghasilkan trafik setelah pencarian organik.

Salah satu alasan mengapa email marketing efektif adalah anda bisa berkomunikasi dengan pembaca di level lebih personal karena anda langsung menghubungi pembaca melalui email. Sayangnya tidak semua orang bersedia menyarahkan informasi alamat emailnya kepada anda.

Tentu anda perlu menyediakan reward untuk memotivasi pengunjung blog membarikan alamat wmail mereka melalui subscribe blog atau newletter. Berapa reward yang bisa anda manfaatkan adalah ebook gratis, konten eksklusif, atau diskon khusus.

28. Periksa Broken Link

30 Langkah Canggih Optimasi SEO (Search Engine Optimization) 2020

Coba perhatikan satu per satu artikel yang sudah anda terbitkan. Hampir semua artikel tersebut kemungkinan besar mengandung tautan/link, baik link internal mauppun link eksternal. Niat awal anda meletakkan tautan-tautan tersebut adalah untuk mempermudah pengunjung website berpindah-pindah dari satu ke halaman ke halaman lain atau untuk mengakses sumber informasi dari website lain.

Sayangnya, terkadang tautan-tautan tersebut mengalami kedaluwarsa atau error. Tautan kedaluwarsa akan mengarahkan pengunjung ke halaman yang tidak sesuai atau bahkan halaman error 404. Hal tersebut bisa menurunkan kualitas pengalaman pengunjung.

Oleh karena itu, anda perlu melakukan pemeriksaan link secara reguler agar pengunjung selalu diarahkan ke halaman yang semestinya. Untuk melakukan pemeriksaan link, Anda bisa menggunakan Google Search Console.

29. Update Konten Lama

Konsisten membuat konten baru untuk website atau blog memang langkah bagus. Namun bukan berarti anda bisa mengabaikan konten-konten lama yang sudah anda terbitkan. Bisa jadi konten-konten tersebut adalah sumber trafik yang tidak kalah banyak dari konten baru.

Mungkin ada banyak konten lama yang performanya masih bisa ditinggatkan. Sebelum melakukan optimasi konten lama, anda perlu melakukan evaluasi untuk menentukan konten mana yang berpotensi menghasilkan trafik.

Anda bisa melakukan evaluasi ini menggunakan bantuan Google Search Console. Melalui Google Search Console, anda bisa mengetahui performa masing-masing halaman website di hasil pencarian.

Temukan konten yang mendapatkan impression tinggi dengan CTR rendah. Keadaan tersebut mengindikasikan konten sudah muncul di hail pencarian, tetapi tidak banyak orang yang membuka/mengklik konten tersebut. Biasanya hal ini disebabkan oleh kuranya kata kunci yang sesuai dengan maksud para pencari.

Untuk mengecek kinerja per halaman website di Google Search Console, ikuti langkah berikut:
  1. Buka tab Performance
  2. Klik Pages
  3. pilih halaman website yang anda lihat kinerjanya
  4. lalu klik tab Queries
  5. Setelah itu, akan muncul kata kunci yang menghasilkan impression untuk halaman tersebut.
Berdasarkan laporan dari Queries, anda bisa melengkapi informasi di artikel menggunakan kata kunci yang mengasilkan impression untuk halaman tersebut. Dengan begitu kemungkinan halaman website tersebut untuk muncul di berbagai kata kunci lebih besar. Artikel anda akan semakin kaya akan informasi yang sesuai dengan apa yang dicari oleh orang-orang di mesin pencari.

30. Monitor Kompetitor

"Keep your friend close and keep your enemy closer"

Pepatah di atas juga berlaku jika anda ingin memengkan persaingan di hasil pencarian Google, anda perlu melakukan monitoring terhadap website kompetitor untuk mendapatkan insight terbaru.

Bisa jadi keyword baru yang sudah digunakan kompetitor atau sumber backlink baru yang bisa anda akuisisi. Selain itu, anda juga bisa melihat perkembangan kompetitor sehingga anda bisa waspada jika kompetitor sudah menyalip pencapaian anda.

Salah sati tool monitor kompetitor yang layak anda gunakan adalah Ahrefs. Ahrefs menyediakan fitur site Explorer yang memungkinkan anda untuk mengecek prforma sebuah situs. Site Explorer akan memberikan laporan dari kualitas backlink, kualitas domain, keyword yang digunakan, hingga kualitas oranic traffic dari sebuah situs. Anda bisa memeriksa laporan keyword yang tersaring di website kompetitor anda dan pilih kata kunci yang bisa anda gunakan

Terima Kasih sudah membaca 30 Langkah Aman Optimasi SEO (Search Engine Optimization) 2020. Semoga Bermanfaat!